MI Manarul Islam Jalin Kerjasama dengan UIN Maliki Malang

Malang (MI Manarul Islam) – Kepala MI Manarul Islam, Zainul Mujahid menyambut dua orang dosen dari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) pada hari rabu (15/12). Kunjungan ini bertujuan untuk membangun kerjasama diantara dua lembaga pendidikan di jenjang yang berbeda. Pertemuan dilaksanakan selama kurang lebih satu jam di kantor kepala madrasah MI Manarul Islam. Tampak kepala madrasah dan kedua perwakilan dari UIN berbincang serius sambil menikmati secangkir kopi.

Pertemuan ini berawal dari pembicaraan melalui whatsapp untuk menjajaki kerjasama dan berlanjut pada pertemuan rabu kemarin. “Yang berkunjung ke sini kemarin ada Prof. Dr. Trio Supriyanto, M.Ag. yang merupakan mantan kaprodi program pascasarjana UIN bidang PAI. Kemudian Dr. Bintoro, M.Pd, kaprodi PGMI. Jadi inti dari kerjasama kemarin adalah mahasiswa UIN yang tentunya sudah diseleksi dengan baik, bisa melaksanakan PPL di sini. Kedua saya menginginkan guru-guru kita ini diberi kesempatan menjadi dosen luar biasa di UIN karena yang memiliki pengalaman empirik di lapangan ya guru-guru ini,” kata Zainul. Zainul menginginkan kerjasama ini agar selain mahasiswa mendapat ilmu teoritis dari dosen, mereka juga mendapat gambaran di lapangan dari guru-guru MI Manarul Islam. “SDM kami ini sangat dinamis dan kaya informasi. Selain itu, guru-guru kami sudah terkait dengan AKMI. Walaupun tidak terlibat semua, setidaknya sudah ada pengimbasan dari guru yang terlibat langsung. Ini mempengaruhi model pembalajaran dan mahasiswa PGMI mungkin belum tahu itu,” tambah Zainul.

Selain itu, Zainul juga menginginkan adanya penelitian kolaboratif antara MI Manarul Islam dan UIN Maliki. “Jadi kita bisa menimba ilmu mengenai penelitian dan teori dari UIN dan mereka bisa mengambil ilmu dari kita mengenai keadaan di lapangan,” ujar Zainul. Dalam pertemuan ini juga dibahas tentang tata kelola madrasah. “Ini menunjukkan madrasah kita sudah menjadi rujukan,” ujar Zainul.

Kerjasama ini akan dilakukan dalam waktu dekat. Pihak MI Manarul Islam menunggu MoU dari UIN Maliki yang akan diserahkan melalui Kornit Humas MI Manarul Islam. Zainul berharap kerjasama ini bisa menjadi kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak dalam hal keilmuan tentunya (yna).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *